Watak Dasar Bayi Wuku Kulawu

Primbon

Serial Primbon 157
Watak Dasar Bayi
yang lahir pada 2 April 2011 s/d 9 April 2011 masuk dalam
Wuku Kulawu

Watak seseorang terbentuk dari beberapa faktor, salah satunya adalah faktor bawaan, yaitu watak yang dibawa sejak bayi itu lahir. Watak bawaan ini banyak dipengaruhi berdasarkan hari kelahiran (Minggu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu) dan pasaran kelahiran (Pon, Wage, Kliwon, Legi, Paing). Melalui hari kelahiran dan pasaran kelahiran tersebut akan dikenali Wuku dan dari Wuku itulah akan dikenali karakter dan watak dasar seseorang.
Ada 30 wuku yang masing-masing wuku mempunyai watak dan karakternya sendiri-sendiri. Setiap wuku umurnya satu minggu. Sehingga keseluruhan wuku mempunyai siklus waktu 1 minggu x 30 = 30 minggu atau 210 hari. Pengetahuan tentang wuku disebut pawukon.
Berdasarkan “Ilmu Pawukon,” bayi yang lahir pada kurun waktu satu minggu ke depan yang dihitung mulai dari hari Sabtu 26 Maret 2011 jam 18.00 (Minggu Legi) sampai dengan hari Sabtu 2 April 2011 jam 18.00 (Sabtu Paing) masuk dalam wuku Kulawu, wuku yang berada pada urutan nomor duapuluh delapan.
Nama Kulawu diambil dari nama anak Prabu Watugunung dan Dewi Sinta nomor dua puluh enam, yang bernama Raden Kulawu. Raden Kulawu ini adalah saudara kembar dari Raden Wayang.

karya herjaka HS

Penggambaran wuku Kulawu adalah sebagai berikut:
Raden Kulawu (kiri) menghadap Batara Sadana.
Gambar gedong yang terletak di depan menggambarkan besar rejekinya, tidak segan mengeluarkan harta bendanya.
Senjata yang berada di belakang, menggambarkan watak yang jujur dan berterus terang
Pohonnya adalah pohon Tal, maknanya adalah panjang umurnya
Burungnya adalah burung Nuri, gambaran sebuah tindakan yang kurang cermat dalam hal pengeluaran.

Perwatakan dan sikap Wuku Kulawu adalah sebagai berikut :
  • Kelebihannya : kuat budinya, tabah menghadapi kesulitan. Halus perasaannya, pengasih, suka mendermakan miliknya, kesehatannya baik.
  • Kelemahannya : kurang cerdas dan mempunyai watak boros.
  • Bencananya : digigit binatang berbisa atau kena racun.
  • Hari naas : tidak jelas.
  • Hari baik : Sabtu Paing.
Untuk mencegah agar terhindar dari celaka perlu mengupayakan slametan. Caranya adalah membuat sega-golong dang-dangan beras atau meliwet/memasak beras dengan cara di-dang (memakai kukusan). Lauknya daging ayam dan bebek merah dimasak macam-macam dan disertai doa keselamatan.
Selain itu selama 7 hari waktu datangnya siklus wuku Kulawu, yang saat ini jatuh pada 2 April atau Minggu Legi sampai dengan 9 April 2011 atau Sabtu Paing, yang bersangkutan tidak boleh pergi ke arah utara, karena tempat bersemayamnya bencana yang digambarkan sebagai Batara Kala berada di utara.
herjaka HS

Posting Komentar untuk "Watak Dasar Bayi Wuku Kulawu"

bulu perindu
Ilmu Pelet Ampuh
bulu perindu