Watak Bayi

Primbon
Watak Bayi
Wuku Sinta (karya herjaka HS)

Watak Bayi

Bayi yang lahir pada Sabtu 23 April 2011 mulai jam 18.00 atau Minggu Paing sampai dengan Sabtu 30 April 2011 jam 18.00 atau Sabtu Pon, wukunya adalah Wuku Sinta, sama seperti siklus tahun lalu yaitu antara Sabtu 26 September 2010 jam 18.00 sampai dengan Sabtu 2 Oktober 2010, jam 18.00
Wuku Sinta adalah wuku nomor satu, merupakan awal dari pengulangan siklus wuku. Dengan demikian watak dasar bayi yang lahir antara tanggal tersebut mempunyai watak dasar seperti yang ada pada Wuku Sinta, yaitu:
Ciri-ciri wuku Sinta adalah sebagai berikut :
Dewa yang menaungi Wuku Sinta adalah Batara Yamadipati. Oleh karena tugasnya, dewa yang satu ini lebih dikenal dengan sebutan.Dewa Pencabut Nyawa.
Kayunya adalah kayu gendayakan, yang mempunyai daya penyembuh, sehingga menjadi tempat perlindungan bagi orang-orang sakit dan sengsara,
Burungnya Gagak menandakan tajam firasatnya, dapat mengetahui wangsit, atau kejadian penting yang bakal terjadi, walaupun masih tersembunyi.
Bersanding dengan gedhong, atau rumah mewah artinya senang memperlihatkan kekayaannya.
Membawa umbul-umbul, sebagai tanda bahwa yang bersangkutan akan mendapatkan kemuliaan.
Kelebihannya: tajam panca inderanya, suka menolong
Kekurangannya : mudah cemburu dan sedikit suka pamer
Lambangnya Wulan Karahinan, atau Bulan tersaput awan, artinya mempunyai tekad yang kuat, kenceng budine, tidak mau membuang waktu.
Datangnya kemalangan pada usia separo-baya.
Hari naas jatuh pada hari Senin Pon

Cara menangkal agar si bayi terhindar dari mara bahaya yaitu orang tua si bayi membuat ‘slametan’ berupa: nasi dengan lauk rendang kebo. Setelah nasi dan lauknya masak, anggota keluarga sambil memangku bayinya mendaraskan doa mohon dijauhkan dari mara-bahaya. Selesai doa, nasi dan lauknya dibagi-bagikan kepada keluarga dan sanak saudara. Selama datangnya siklus wuku Sinta yaitu pada Sabtu 23 April jam 18.00 sampai dengan Sabtu 30 April 2011 si bayi tidak diperkenankan pergi dari rumah ke arah timur laut, karena letak Kala atau bahaya berada di Timur laut.
Herjaka HS

Posting Komentar untuk "Watak Bayi"

bulu perindu
Ilmu Pelet Ampuh
bulu perindu