primbon jawa memilih hari baik

Memilih Hari dan Tanggal untuk Berpergian
(27 Nopember 2011 – 3 Desember 2011)

Di dalam kitab Primbon Betaljemur Adammakna dituliskan daftar hari yang masuk kriteria hari jelek dan hari sangat jelek. Mengapa ada hari yang jelek bahkan hari yang sangat jelek? Bukankah semua hari itu baik adanya? Ya semua hari pada mula diciptakan baik adanya. Tetapi pada perjalanan waktu hari hari yang baik itu, satu persatu diubah statusnya oleh manusia dan kehidupannya menjadi hari yang tidak baik bahkan sangat tidak baik. Hal tersebut dapat diketahui dari catatan peristiwa getir masa lalu, baik itu peristiwa yang berhubungan dengan keluarga, kelompok atau pun sebuah bangsa, yang berhubungan dengan hari.
Kitab Primbon adalah ‘ilmu titen’, niteni kejadian-kejadian yang sudah berlalu dan masih berlangsung turun temurun, mengenai hari-hari yang pada kenyataannya mendatangkan peristiwa yang tidak diinginkan. Ada beberapa hari dan tanggal yang kurang baik untuk berpergian, dan keperluan lainnya dalam satu minggu ke depan, mulai hari Minggu 27 Nopember sampai dengan hari Sabtu 3 Desember 2011, atau dalam kalender Jawa Minggu Wage, 1 Sura 1945 Wawu (memasuki Tahun Baru Jawa) sampai dengan Sabtu Kliwon 7 Sura Tahun 1945 Wawu, dengan perincian sebagai berikut:
Minggu Wage, 27 Nopember 2011, kalender Jawa 1 Sura, tahun 1945 Wawu, (terhitung mulai Sabtu sore jam 18.00 s/d Minggu sore jam 18.00), baik untuk berpergian dan berbagai macam keperluan.
Senin Kliwon 28 Nopember 2011, kalender Jawa 2 Sura, tahun 1945 Wawu (terhitung mulai Minggu sore jam 18.00 s/d Senin Sore jam 18.00), baik untuk berpergian dan berbagai macam keperluan.
Selasa Legi, 29 Nopember 2011, kalender Jawa 3 Sura, tahun 1945 Wawu (terhitung mulai Senin sore jam 18.00 s/d Selasa sore jam 18.00), baik untuk berpergian dan berbagai macam keperluan.
Rabu Paing, 30 Nopember 2011, kalender Jawa 4 Sura, tahun 1945 Wawu (terhitung mulai Selasa sore jam 18.00 s/d Rabu Sore jam 18.00), baik untuk berpergian dan berbagai macam keperluan.
Kamis Pon 1 Desember 2011, kalender Jawa 5 Sura, tahun 1945 Wawu (terhitung mulai Rabu sore jam 18.00 s/d Kamis Sore jam 18.00), sangat tidak baik untuk berpergian dan berbagai macam keperluan.
Jumat Wage, 2 Desember 2011, kalender Jawa 6 Sura, tahun 1945 Wawu (terhitung mulai Kamis sore jam 18.00 s/d Senin Sore jam 18.00), tidak baik untuk berpergian dan berbagai macam keperluan.
Sabtu Kliwon, 3 Desember 2011, kalender Jawa 7 Sura, tahun 1945 Wawu (terhitung mulai Jumat sore jam 18.00 s/d Sabtu sore jam 18.00), sangat tidak baik untuk berpergian dan berbagai macam keperluan.
Bagi bayi yang lahir pada minggu ini dari 27 Nopember sampai dengan 3 Desember 2011 wukunya adalah Wuku Landep, wuku nomor 2

Dewi Landep (kiri) menghadap Batara Mahadewa yang
sedang mencelupkan kakinya di bokor air. Ada gambar rumah gedong
dan burung atat kembang yang hinggap di pohon Gendayakan
karya herjaka HS

Ciri-ciri wuku Landep adalah sebagai berikut :
  • Dewa yang menaungi wuku Landep adalah Batara Mahadewa. Ia senang di tempat yang sepi dan tenang, untuk mengolah batin.
  • Kelebihannya adalah tajam daya ingatannya, mampu menangani segala jenis pekerjaan, serta menjadi tempat bertanya atau belajar.
  • Kayunya adalah kayu Gendayakan, yang mempunyai daya penyembuh, sehingga menjadi tempat perlindungan bagi orang-orang sakit dan sengsara hidupnya.
  • Burungnya adalah burung Atatkembang yang menjadi kelangenan (kesukaan) wong agung (orang besar). Artinya, orang yang mempunyai wuku Landep umumnya rupawan, hatinya terbuka, dan disenangi orang banyak, termasuk pejabat atau atasan.
  • Rumah gedhong yang terletak di depan, memberi tanda bahwa orang yang berwuku-Landep termasuk orang yang suka pamer.
  • Lambang wuku Landep adalah ‘sinar matahari’, menerangi hati yang gelap.
  • Kaki Mahadewa yang dicelupkan ke dalam bokor air melambangkan bahwa wataknya adem, tidak mudah emosi. Namun sayang, ada pamrih di balik perbuatan baik tersebut.
Datangnya bahaya : tertimpa kayu atau bangunan roboh
Hari naas : Rebo Pahing, hari yang perlu diwaspadai, dan jika berpergian perlu ekstra hati-hati.
Hari baik : Minggu Wage, hari ini dapat dipergunakan pada setiap keperluan penting.

herjaka HS

Posting Komentar untuk "primbon jawa memilih hari baik"

bulu perindu
Ilmu Pelet Ampuh
bulu perindu